Tuesday, October 28, 2008

Kecantikan: on beauty, guys and komitmen (previously posted)

(taken from my other blog on Friendster)

Does beauty still rules….
PENTING gak sih cantik…

Dulu, waktu gue kecil (baca:masih di masa kuliah)… gue gak pernah ngarasa gak pede, terutama rasa ‘insecure’ di ‘bidang’ kecantikan. Rasanya, gak pernah tuh kekurangan ‘teman’ atau ‘teman-MAHA-penting’, hanya karena gue gak ngerasa cakep, atau gak menarik.

Pria- di masa itu tentunya- rasanya lebih melihat ke ehm… inner beauty, atau sifat, atau sikap, atau apalah…..pokoknya, beauty ‘cuman’ jadi nomor dua atau tiga, atau malah ke 27. Cuman, sekarang ini setelah gue lulus (baca: tahun 2002 ke atas), rasanya kok, dunia makin berubah. Dan pria- di masa sekarang ini, tentunya ini cuman menurut gue aja ya - menjadikan kecantikan atau kewanitaan sebagai sesuatu yang MAHA penting.


Exhibit 1: Kira-kira beberapa bulan lalu. Seorang temen niat banget untuk ‘ngenalin (baca: ngejodohin) gue dengan seorang temannya. “Ganteng, pinter, lulusan luar, kerjaan OK, baik hati… pokoknya top lah!” Singkat cerita.. saya mau deh dikenalin…. Nah, pas hari H, saya tau, kalo ‘nekad’ tinggal di ruangan, pastinya bakalan dikasih kerjaan tepat di detik ke 59 dari jam 11:59 (believe me, gue tau banget bos gue yang tersayang itu). So, kerjaan minta data ke gedung sebelah saya percepat sebelum makan siang, jadinya bisa agak longgar dikit—dan gampang kabur tentunya. Cuman, resikonya ya itu, bye-bye lipstik, mascara dan blush-on, yang semua benda benda penting itu ditinggal di tas kerja di ruangan tercintaku itu. Walhasil tepat jam 1145 waktu temenku itu telpon dan “gue udah di deket kantor lo niy cepetan ke lobby ya jeng” gue cuman modal dengkul, plus lipstik + parfum pinjeman dari cewek2 front desk di lobby gedung gue.

Dan…. Temen gue itu sampe, dengan si cowo penting itu…mereka buka kaca.. trus mulai plirak plirik ke arah lobby sambil mencari wajah gue ini. OK.. Cowo itu sejujurnya.. cukup ganteng…… mukanya manis, dan gue bisa bilang kalo badannya build up hanya karena gayadia melihat (apa sehhhhhhhhhhh….) Gue bukan cewek matre dan gak ngerti soal mobil, tapi gue bisa tau itu mobil udah masuk kategori‘mobil gaul’.
OK, matanya sibuk nyari-nyari…And semuanya kejadian begitu cepat. Si temen gue teriak “ Itu dia!” ( gue maksudnya…) dan.. gue bisa lihat di matanya…. Raut wajahnya yg tadinya senyum malu malu melihat wajah cewek2 penghias front desk langsung berubah jadi… kecewa..

YUPP.

Kecewa sodara sodara. Kecewa karena gue gak maha cantik atau menarik atau atraktif, atau apalah itu. Padahal ngobrol aja belom sama gue… And the supposed-to-be-lunch-date becomes boring . E-V-E-R. Sepanjang makan mahluk itu sibuk terima sms dan telpon dari entah perempuan mana aja. (penting ya buat ditunjukkin ke gue?). Sedih juga, padahal cowok itu keliatan banget bahwa dia pintar dan dari celetukan temen gue itu “ Dia tuh pengennya cewek pinter juga Tur…. Biar kalo ngobrol nyambung..” Ya iyalah, hare geneeee ama cewek bolot…..

Singkat cerita…. Sebulan kemudian gue ketemu sama cowok itu. Ditempat g.a.u.l. kelas wahid DKI jakartatercinta ini. Tentunya gue gak negur (penting ya buat diinget inget kalau kita pernah kenalan?). Guess what.. Dia lagi bareng sama cewek MAHA cuantikkkkkkkk (kayanya sih) model gitu.
Gue cuman ngakak. Ketawa. Ironis.
Kalo pengharapannya begitu… mana mungkinnnnnnnnnnnnn gue bisa menang. Bendera putih deh…..

Cuyman ya itu tadi. Pinter vs cantik. Kalo ini multiple choice dan ditanyakan ke 1000 orang lelaki diatas 75% jawabannya pasti milih yang kedua.


Hari jumat kemaren, saya ngobrol sama temen saya ( mantan cowo maha penting dalam hidup gue-percaya deh!). He talked about his newest so-called ‘love life’.
“Iya Tur, pokoknya anaknya biasa aja, yang bikin gue tertarik, mungkin .. kepribadiannya ya?”
H-A-L-O…… Kata Kepribadian? Bisa keluar dari orang yang sebelumnya selalu sibuk cerita mengenai mantan-mantan perempuan penting/maha penting dalam hidupnya atau temen temen deketnya dengan gayaseperti ini: ‘si anu yang bisnisnya sekian sekian, yang anaknya si anu, atau yang ‘duitnya lancar bener tur’.. atau ‘secara bokap gue tuh mantan pejabat’.. Buset deh… bendera putih lagi gue… Bisa-bisanya gitu ucapan kaya gitu keluar dari mulut cowok yang sebelumnya membahas bahwa “ehm, yang deket ada sih beberapa, TAPI semua bukan jaminan…siapapun yang deket sama gue bukan jaminan, karena gue kanpengennya serius.. mau kawin”

Hello….. kawin, jaminan, belum mutlak?


Cerita lain lagi, masih hari jumat, gue ketemu sama sobat gue-cowok . Kita dah bertemen kira-kira 5 taunan dan baru 2 taunan ini aja kita akrab. Dari perbincangan, baru gue tau misi-visi- kehidupan cintanya (aduh telat banget sih gue……..). ”Gimana ya.. gue tuh… takut banget gitu akan komitmen.” “Kayanya gue takut kalo nanti komit gue gak bisa kasih yang mereka mau…..gue masih gini gini aja sih..”

OK, exhibit terakhir. Masih jumat, malem banget gue hang out sama another sobat-cowok lagi gue for bertahun tahun lamanya (OK, bukannya GR cuman jumat kemaren gue emang lagi sok gaul berat and banyak ketemu orang termasuk ketemyu mahluk2 itu). Bisa disebut sebagai ‘tempat sampah curahan hati gue’ selama tahun tahun terakhir, juga berperan sebagai ‘konsultan mode dan kepribadian’ yang gak dibayar.

Nah….. si sobat gue ini cerita tentang TTM2nya. Semuanya. Tentang ketakutannya akan komitmen, tentang TTM-TTMnya yg cuantikkkkk2 buanget. Tentang kegiatannya yang enggak banget deh buat dibahas di sini.


Intinya, tiga cerita tadi .. Bahwa cowok2 tadi ‘takut’ akan komitmen. Cowok takut akan segala sesuatu yang ‘pasti’. Ikatan. Rasa sayang pastinya tetep timbul, cuman soal gue sayang sama siapa aja selain elo, dan yang mana aja, eitsss, terserah gue donk… Walaupun gue mau serius (baca; kawin), jangan harap kita bisa ‘saling mengikat’ kecuali gue udah mantep netepin pilihan.

Netepin pilihan sama yang kaya apa? Itu bisa macem macem. Mau yang maha cantik, maha beken, maha gaul, atau yang berkepribadian biasa biasa aja. Semua terserah kita.
Itulah kesimpulan gue setelah jumat malem kemaren tanpa sengaja’ melebur’ dengan pria pria itu…

Perjalanan sehari jumat itu ngebuat gue makin ngerasa kalo sekarang ini… dunia menjadi sebuah kontes kecantikan…. Kontestannya ya kita-kita, perempuan single twenty something yang lagi ngalamin krisis ¼ abad. Jurinya? Pria-pria maha penting dalam hidup kita. Ataupun pria pria gak penting. Ataupun cuman sekedar pria doang. Kriterianya? Cantik itu mutlak.. dan kepribadian, umur, IQ dan EQ itu hanya ‘relatif’ Sekarang tinggal terserah kita, mau ikutan di mainstream itu dan daftar jadi kontestan, atau gak memilih jadi kontestan.


Buat gue? Guess what… sampai sekarang, gue percaya bahwa masih ada cowok cowok single, ganteng, baik hati, pandai yang bakal jadi juri yang ‘relatif’. Dan gue yakin, salah seorang dari mereka itu pasti ada yang memenangkan gue di kontesnya, kalo gue emang berniat mendaftar. SUATU HARI. CHEERS!


PS: Sorry banget buat temen-temen gue sendiri yang gue jadiin exhibit di sini, gak ada maksud buat mempermalukan or whatever, ini cuman karena segitu gak gaulnya gue sehingga contoh / exhibit yang gue punya terbatas

No comments: